Monday, July 8, 2019

Magang di kbri vietnam

Kedutaan Besar Republik Indonesia di Hanoi, Republik Sosialis Vietnam. Mematuhi tata tertib yang diterapkan oleh KBRI Den Haag. Bersedia ditempatkan di unit yang ditentukan KBRI Den Haag.


Mengenai pegawai-pegawai di sana, yakin deh kalian akan betah, soalnya mereka welcome banget, kadang ngajak kita-kita ( magang ) buat jalan-jalan ngitarin Penang atau buat makan-makan doang. Gak berasa sendiri di luar negeri.

Ini nih yang bikin kangen buat balik kesana lagi. Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia (PBSI) semester Universitas Muria Kudus, mengikuti magang di Vietnam. Apakah kita perlu buat residency permit untuk magang di Belanda?


Untuk tinggal di Belanda selama kurang dari hari tidak dibutuhkan residency permit. Bagaimana dengan akomodasi dan living cost selama magang di Belanda? KBRI tidak menanggung akomodasi dan segala biaya selama anda berada di Belanda.


Hubungan Internasional (HI) kerap identik dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), diplomat, politik, dan bertandang ke luar negeri. Magang di KBRI ala Diplomat.

Karena lingkup pengetahuannya terbilang luas, sejumlah mahasiswa HI kerap menjadi jurnalis, pengusaha, pekerja lembaga swadaya masyarakat (LSM), dan lainnya. Upacara diikuti seluruh personel KBRI , home staff, local staff, dan masyarakat Indonesia yang tinggal di Hanoi dan sekitarnya. Masyarakat yang hadir dari berbagai kalangan dan profesi, termasuk pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, pegawai perusahaan Indonesia di Vietnam , dan pengusaha. Seusai upcara, dilakukan foto bersama.


Risiko banjir dan banjir bandang cukup tinggi, tulis laporan komite. KBRI Yangon sendiri selama ini dapat mengabulkan permohonan magang yang diajukan oleh beberapa pihak, selama peserta magang yang ingin merasakan “bekerja” di KBRI Yangon dapat menanggung sendiri secara swadaya seluruh pengeluaran selama berada di Yangon, baik itu tiket perjalanan Jakarta-Yangon pp, konsumsi, maupun transportasi lokal. Apa yang mereka kerjakan, bagaimana prosesnya dan permasalahan serta solusinya. Tentunya hal-hal yang berkaitan dengan keilmuan saya sebagai mahasiswa HI. Tulisan di bi sangat membantu Aku insyaAllah bulan agustus ini akan magang di kbri singapura juga kak.


Tapi, Vietnam mah enggak bisa. Orang tua keduanya pun mendukung pilihan untuk magang di luar negeri. Bahkan, mendorong Angga dan Wawa untuk mengambil negara terjauh di antara keempat negara itu. Maka, keduanya memilih KBRI Rumania. Baca konten dari Koran KBRI Beijing di kumparan.


Kisah unik, catatan perjalanan dan tulisan ilmiah peserta program magang di KBRI Beijing. KBRI Bern dengan senang hati akan memfasilitasi keinginan untuk magang (internship) dimaksu yang tentunya akan kami sesuaikan dengan ketersediaan waktu dan kegiatan di KBRI Bern. Tinggal dan bekerja di Washington, DC merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi saya dan akan sangat berguna bagi perkembangan saya secara professional.

Mencari tahu apakah ada di antara mereka yang jadi korban. Hingga saat tidak terdapat informasi adanya korban WNI. Di situasi yang sudah kondusif di Vietnam , KBRI Hanoi memperkenalkan kue khas Indonesia kepada para pelajar dan mahasiswa Vietnam di Pusat Promosi Budaya Umah Indo. Kali ini, kue yang diperkenalkan adalah kue tradisional klepon yang terbuat dari tepung ketan, diisi dengan gula aren cair dan ditaburi kelapa parut.


Menurut catatan KBRI Hanoi, ada sebanyak 9WNI yang saat ini berada di Vietnam. Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fisipol Dr Kasmanto Rinaldi mengaku telah menerima surat tersebut. Mempromosikan budaya Indonesia berarti meningkatkan people-to-people connection yang bermanfaat bagi Indonesia, misalnya di sektor pariwisata. Hal itu dimulai dari memasang LED TV di depan kantor kedutaan hingga menyebarkannya lewat media setempat.


Hanoi - Kerja sama pariwisata antara Vietnam dan Indonesia terus dijajaki oleh berbagai pihak. Keenam mahasiswa tersebut sedang melakukan kegiatan magang di Hotel JW Marriot Phu Quoc Emerald Bay, pulau wisata kecil di daerah selatan Vietnam yang berbatasan dengan Kamboja. Keuangan, Politik Ekonomi, Sosial Budaya, Protokol dan Konsuler. Saya berada pada fungsi sosial budaya ( Pensosbud) dan juga terkadang membantu di divisi politik dan ekonomi karena memang Perwakilan Pyongyang porsinya kecil. Kedutaan besar Republik Indonesia (sering disingkat sebagai KBRI ) adalah kantor perwakilan utama Indonesia di sebuah negara asing yang memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia dan dikepalai oleh seorang duta besar.


Di samping itu, diharapkan dapat mengetahui, memahami, dan menganalisis fenomena yang langsung atau terjadi dalam proses administrasi publik. Di dalam melaksanakan magang , para mahasiswa dapat bekerja pada unit-unit kerja yang sesuai dengan bidang studinya.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.