Thursday, June 28, 2018

Kapan harus perpanjang paspor

Perpanjang paspor itu waktu minimalnya adalah enam bulan sebelum masa berlaku paspor habis. Rata-rata paspor berlaku hingga tahun lamanya. Berbeda dengan surat izin mengemudi yang bisa diperpanjang saat hari jatuh tempo. Traveler harus mengetahui waktu terbaik perpanjang paspor agar tidak menjadi hambatan di kemudian hari.


Itulah mengapa mengingat kapan masa berlaku paspor adalah hal wajib karena keberadaannya sangat berguna ketika Anda tiba-tiba akan pergi ke sebuah negara untuk berbagai urusan.

Kapan sebaiknya memperpanjang paspor ? Perlu diingat paspor yang kedaluwarsa gak bisa digunakan kembali. Hal ini bisa menjadi kendala saat berpergian ke luar negeri atau berada di luar negeri. Proses perpanjangan paspor lebih mudah dibandingkan mengganti paspor. Hal itu berkaitan dengan kelengkapan yang akan dibawa. Ketika membuat paspor baru, pemohon diminta membawa sejumlah dokumen yang berkaitan dengan data diri untuk penyesuaian.


Sedangkan untuk perpanjang paspor , cukup bawa paspor lama dan e-KTP beserta foto kopinya.

Untuk melakukan pendaftaran secara online, kamu membutuhkan sejumlah data yang harus dimasukkan ke dalam sistem. Kemudian, seluruh kantor imigrasi akan memberlakukan syarat sama, baik bagi kamu yang tinggal di Ibukota seperti daerah Jakarta timur, Sumatera hingga Papua. Benarkah harus bulan? Tidak, pada kenyataannya justru tak sedikit negara yang mewajibkan masa berlaku paspor selama minimum bulan untuk bisa masuk ke wilayahnya (contohnya negara yang baru saja memberlakukan aturan ini yaitu Australia), minimum bulan sejak meninggalkan wilayahnya (contohnya visa Schengen melalui Belanda), bahkan hanya selama paspor masih berlaku pada periode tinggal di. Tidak berbeda dengan surat izin mengemudi, paspor juga memiliki masa berlakunya.


Pemilik pasporpun juga harus memperpanjang masa berlaku paspor agar tetap bisa digunakan. Tepatnya, perpanjangan dapat dilakukan enam bulan sebelum masa berlaku habis. Artinya jika perpanjang paspor masa berlaku masih bulan tetap dapat dilakukan.


Utamanya jika anda akan bepergian ke luar negeri dalam waktu panjang. Faktanya, persyaratan perpanjang paspor itu gak berputar-putar kayak info tersebut. Seperti aturan yang dibikin Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, persyaratan perpanjang paspor itu sekarang makin simpel dan mudah. Oh, iya, di Direktorat Jenderal Imigrasi perpanjang paspor sama saja dengan penggantian paspor.


Tapi memang banyak sekali yang kurang paham tentang hal seputar perpanjang paspor , seperti kapan harus perpanjang sampai cara memperpanjang paspor. Mengganti atau memperpanjang paspor biasanya dilakukan dalam waktu bulan sebelum tanggal habis berlaku yang tertera pada paspor. Tapi bisakah kita perpanjang paspor dalam waktu lebih dari bulan sebelum masa habis berlakunya?


Jawabannya bisa, tapi harus jelas keperluannya apa.

Saat mengatakan ingin mengambil paspor di meja depan, kami dipersilahkan langsung menuju loket tanpa harus mengambil nomor antrian. Setelah meletakkan bukti pembayaran, kami duduk menunggu. Tidak sampai lima menit, nama saya dipanggil. Masa berlaku paspor Indonesia yaitu lima tahun.


Oleh karena itu, pemilik paspor wajib memerhatikan kapan masa berlaku paspor akan berakhir. Sebab, pemilik harus mengganti paspor lamanya ke paspor baru agar kembali bisa digunakan. Pertanyaan ini sebetulnya tergantung pada negara tujuan. Jika ingin traveling ke Amerika atau benua Eropa sebaiknya perpanjang paspor sebelum masa berlakunya habis ketika memasuki tahun ke atau perpanjang sebelum bulan masa berlaku paspor habis.


Pemegang paspor pun harus memperpanjang masa berlaku agar paspor bisa digunakan. Memperpanjang paspor itu waktu minimalnya adalah enam bulan sebelum masa berlaku paspor habis. Jika salah satu atau kedua syarat di atas tidak terpenuhi, maka Anda harus buat paspor baru lagi dari awal (lengkap dengan KTP, KK, akte lahir, dll).


Paspor berlaku selama lima tahun.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.